Minggu, 28 November 2010

Macro tidak jalan di Excel 2007 - cara mengaktifkannya..

Hi semua...baru bisa buka blog lagi setelah sekian lama, akhirnya internet di kantor kecepatannya mampu untuk membuka situs blogger.

Macro tidak jalan di Excel 2007 dan cara mengaktifkannya...

Saat membuat sebuah project di Excel kadang kita membutuhkan macro untuk mempermudah project tersebut, pada seri excel sebelumnya 2003 ke bawah...kita dapat membuat file excel macro dengan extension .xls, namun untuk Excel versi 2007 hal tersebut tidak dapat dilakukan. Untuk file biasa otomatis free macro, sedangkan untuk file dengan macro enabled maka akan menggunakan extension .xlsm. Hal ini untuk meningkatkan keamanan pengguna paket Office buatan Microsoft.

Namun hal tersebut ternyata memiliki cacat tersendiri, ketika pertama kali membuat file macro atau  .xlsm semua tidak ada masalah, macro dapat berjalan baik, namun saat menutup file Excel tersebut  dan untuk keamanan (biasanya biar macro kita tidak diutak-atik orang yang tidak bertanggung jawab) kita memasang password tapi ketika membuka file tersebut kembali macro tidak bisa jalan, muncul keanehan tersebut. Macro tidak dapat dijalankan, akan muncul pesan seperti di bawah ini :

 

Nah...segala cara standar pun dilakukan, tapi tidak satupun yang berhasil...mulai dari utak atik option excel dan meng-enable semua macro untuk di jalankan...tetap saja tidak bisa...menurunkan level security Windows pun tidak mempan....

Solusi dari saya....mudah aja...update Office 2007 anda dengan Service Pack 2 (SP2)....hehehe mudahkan...tapi tidak semudah itulah pasti ada kendala, kadang kita membutuhkan file tersebut dapat jalan saat itu juga...mau download SP2??? ini link-nya :

 
sudah liat??? ukurannya kalo zeng salah (hehehe muncul ambonnya) 290 MB, kalo anda berada di Indonesia bagian "BARAT" hal ini mungkin bukan sebuah masalah, tapi bagi yang tinggal di "INDONESIA TIMUR" ukuran 1 MB saja bisa jadi masalah...

Di bawah ini tip saya untuk meng-aktifkan makro anda dengan mengedit registry Windows anda, cara ini memang kurang dianjurkan, karena sistem anda akan lebih rentan terhadap serangan virus (apalagi virus lokal buatan anak-anak Bangsa yang kreatif).

Langkah-langkah nya sebagai berikut :




1.      Tutup semua file Office yang terbuka, baik excel, word, atau pun Powerpoint
2.      Klik Start, klik Run, ketik Regedit lalu klik OK
3.      Masuk ke :
     
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\12.0\Excel\Security

4.      Pada menu Edit, pilih New lalu klik DWORD Value.
5.      Masukkan Value berikut : ExcelBypassEncryptedMacroScan
6.      Klik kanan DWORD Value tersebut, lalu Modify
7.      Pada Value Data, ketik 1, lalu klik  OK
8.      Pada menu File, klik Exit untuk keluar dari Registry Editor.

Sebagai catatan, perlakuan di atas jangan dilakukan bila anda telah mengupdate ke SP2...dan saya juga tidak bertanggung jawab atas hal-hal yang menyangkut editing Registry di atas terutama bila komputer anda terserang virus akibat matinya scan Macro, hal ini hanya untuk membantu aja.

Demikian dan terimakasih semoga bermanfaat...

Bagi yang di kota AMBON dan tidak dapat mendownload File SP2 Office 2007 silahkan hubungi saya di : harfryjs@gmail.com



1 komentar:

  1. terima kasih atas infonya, sangat membantu sekali dalam pekerjaanku.

    BalasHapus